loading...

Lailatul Qiro'ah: "Menghiasi hati dengan Lantunan Ayat Suci"

10 Oktober 2020 - Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah 2 Nagreg Bandung tengah menyelenggarakan acara Lailatul Qiro'ah. Acara ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh OSPAA (Organisasi Santri Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah) yang menampilkan lantunan-lantunan ayat suci Alquran oleh Qori (pembaca Al-Qur'an) dan seluruh santri sebagai mustami' (pendengar) atau sering juga disebut sebagai Haflah Tilawatil Qur'an.


Acara Lailatul Qiro'ah ini dilaksanakan setiap setahun sekali di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah Nagreg Bandung. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara ini biasanya mengundang qori-qori dari Pondok Pesantren lain seperti Pondok Pesantren Qiro'atussab'ah Kudang, Al-Fadhillah Ciseureuh, Al-Furqon & As-Syifa Cicalengka dan banyak pesantren lainnya.  

Namun, karena pandemi belum juga reda, di tahun 2020 ini hanya bisa mengundang qori dari Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah 1 Cicalengka. Kendati demikian, hal tersebut tidak menggoyahkan antusiasme santri & para alumni yang juga "hadir" secara virtual melalui akun Instagram @santriayahsyahid dan kanal YouTube Official Ponpes Al-Falah

Tema acara pada malam ini yaitu "Menghiasi hati dengan Lantunan Ayat Suci". Sedangkan tujuan utama diadakannya kegiatan Lailatul Qiroat ini yaitu "untuk memotivasi seluruh santri khususnya santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah, umumnya di seluruh pondok pesantren supaya semakin tingginya rasa ingin mempelajari Al-Qur'an" (Muhammad Saripudin, Ketua Pelaksana). 

Seluruh qori yang tampil pada malam hari ini ada 20 orang penampil, setiap penampilan menampilkan jumlah qori yang beragam. Ada 2 orang, 3 orang, bahkan sampai 4 orang.

Penampilan yang unik datang dari penampilan para qori yang tampil bersama dengan membawakan lantunan ayat suci Alquran dengan 4 cara baca (mushaf) berbeda, yaitu Tahajji, Muallam, Murottal, dan Mujawwad.

Selain para santri, ada pula Ust. Wahyu Andi Saputra yang ikut menyemarakkan acara sebagai salah satu Asatidz (guru) di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah Nagreg, beliau telah berkiprah di kancah nasional dan menjuarai beberapa Musabaqah, salah satunya MTQ mahasiswa tingkat Nasional di Aceh pada tahun 2019.

"Dengan demikian walaupun kita menyelenggarakan acara ini, kita tetap menjalankan protokol kesehatan. Semoga wabah ini segera berlalu, semoga Allah selalu melindungi kita dari marabahaya, dan menjadikan kita manusia yang selalu bersyukur. Amin". (Kata M. Saripudin yang akrab disapa Kang Aden di akhir tanggapannya).

1 Comments

Leave a comment