loading...

Liputan 1 Wisuda XV STAI Al-Falah Cicalengka: 11 April 2021

11 April 2021—Telah dilaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda STAI Al-Falah yang ke-XV di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor. Agenda dwi-tahunan ini sempat tertunda beberapa saat karena pandemi hingga akhirnya, hari kemarin (11/04/2021) dapat dilaksanakan dengan khidmat dan lancar, di ballroom hotel yang telah mengantongi sertifikasi HCSE (Health Clean Safety Environment) dari Gugus Covid-19 dan Kemenparekraf.

Acara dimulai pukul 08.00 sesuai dengan protokol kesehatan dengan para wisudawan/wisudawati yang tidak didampingi pendamping wisuda. Kendati demikian, hal ini tidak menjadi aral yang berarti karena acara tetap berjalan lancar sebagaimana yang telah direncanakan.

“Untuk acara (Wisuda) itu, bagi saya sendiri sangat memuaskan, karena tolok ukur saya adalah kebahagiaan wisudawan/wisudawati. Saya melihat para wisudawan ini memancarkan wajah gembira, saya (selaku Panitia) puas, saya bisa katakan acara (Wisuda STAIA) itu tetap bisa diterima walau dalam kondisi yang 100 persen berubah, dari kebiasaan, lokasi dan hal hal lainnya.”

Ujar pria yang akrab disapa Bang Saway, selaku panitia kegiatan bidang publikasi & dokumentasi, dalam kesempatan wawancara daring pada (12/04/2021)

Selanjutnya, Rd. Ilham Saiful Millah, S.Pd., sebagai salah seorang wisudawan yang sekaligus wisudawan tahfiz 30 juz, memberikan kesan:

“Kesan-kesan dari pengalaman wisuda dengan “wajah” yang berbeda ini alhamdulillah. Karena dengan berbagai keterbatasan pun, sementara (Perguruan Tinggi) yang lain melaksanakan wisuda secara online, STAI Al-Falah mampu melaksanakan (Wisuda) dengan tatap muka dan terselenggara dengan khidmat, tentu dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat” ujar wisudawan/alumni yang sudah menjadi Pimpinan Ponpes Riyadlul Jannah - Subang ini, beliau menambahkan:


“meski (diselenggarakan) di tempat yang tidak biasanya kita mengadakan acara, tetapi (jika melihat) dari perasaan teman-teman, mereka berbahagia, bahkan keluarga pun menerima, berlapang dada dan menyadari bahwa dalam berbagai keterbatasan di tengah pandemi Covid-19 ini, acara (Wisuda) ini tetap berjalan lancar sebagaimana mestinya.”

Patut disyukuri bahwa acara yang hanya berlangsung beberapa jam ini tetap bisa dikatakan sebagai acara yang meriah, dengan total 120 wisudawan-wisudawati yang mana 60 di antaranya berpredikat “Pujian” dan 9 di antaranya merupakan Hafizh-Hafizhah:

·         Rd. Muhammad Ilham Saiful Millah, S.Pd

·         Hadian Akbar, S.Pd

·         Risyad Sani Ridwansyah, S.Pd

·         M. Zikri, S.Pd

·         Hilwa Latifa Wardah, S.Pd

·         Sheila Megasari, S.Pd

·         Neneng Nurul Inayah, S.Pd

·         Siti Nur Sa’adah, S.Pd

·         Fitri Amalia Handayani, S.Pd

Kemudian, 10 terbaik wisuda kali ini diisi oleh nama-nama berikut:

·         Terbaik 1: Nenden Ulfah Kurnia, S.Pd

·         Terbaik 2: Silvi Khoirunnisa, S.Pd

·         Terbaik 3: Maryam Jamilah, S.Pd

·         Terbaik 4: Hilwa Latifa Wardah, S.Pd

·         Terbaik 5: Neng Wafda Nurika, S.Pd

·         Terbaik 6: Aneng Halimah, S.Pd

·         Terbaik 7: Yani Mulyani, S.Pd

·         Terbaik 8: Nurul Fitriah, S.Pd

·         Terbaik 9: Gina Agniani, S.Pd

·         Terbaik 10: Sheila Megasari, S.Pd

“Pertama saya ucapkan rasa syukur Alhamdulillah, atas semua penghargaan yang diberikan untuk saya (sebagai peringkat 1 Wisudawan Terbaik), saya enggak ada nyangka sama sekali, saya bersyukur juga karena acara (Wisuda) ini menjadi momen pembuktian, khususnya kepada orang tua, bahwa saya kuliah dengan sungguh-sungguh. Inilah hasil dari saya kesungguhan saya berkuliah selama empat tahun.” Ujar Wisudawan Terbaik 1, Nenden Ulfah Kurnia, S.Pd. Kemudian beliau menandaskan tentang wisuda yang beberapa kali sempat tertunda hingga akhirnya bisa direalisasikan:

“Awalnya mungkin rasa kecewa memang ada, karena setelah berkali-kali bilang ke orang tua, diundur lagi, nggak jadi lagi, kurang enak juga ke orang tua, karena orang tua pun punya kesibukan. Ketika kemudian ditetapkan tanggal (11 April) dan jadi, jadi bahagia banget, gitu. Alhamdulillah bahagia, hasil dari kesabaran itu akan selalu ada. Hingga pada akhirnya diwisuda, dan di Hotel, merupakan sebuah sejarah bagi STAI Al-Falah, alhamdulillah bahagia, meski karena pandemi Covid, orang tua tidak menyaksikan secara langsung, kebahagiaan tetap ada (dan menjadi momen) yang tidak terlupakan.”

Acara ini juga menampilkan Orasi Qiraah Sab'ah sebagai ciri khas nuansa kepesantrenan yang selalu ditampilkan dalam setiap gelaran Wisuda. Dalam pelaksanaan wisuda kali ini, dihadiri juga oleh Dirjen Pendidikan Diniyah & Pondok Pesantren (PD Pontren) Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur M.Ag yang menyampaikan orasi Ilmiah Tafsir Tarbawi.

3 Comments

  • 12 Apr 2021 14:41:41

    Subhanallah

  • 04 May 2021 04:39:52

    Mantap. Nuansa dan suasana berbeda. Covid-covid gak menghalangi terObosan-terObosan baru.

Leave a comment