loading...

MENUJU 37 JUTA VAKSINASI: RIBUAN SANTRI PONPES AL-QUR’AN AL-FALAH DIVAKSIN

PERS MEDIA AL-FALAH – Ribuan Santri Pondok Pesantren Al-Quran Al-Falah Cicalengka dan Nagreg mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal di masing-masing tempat. Kegiatan ini berlangsung dua hari, kamis (26/8) dan sabtu (28/08). Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ponpes Al-Quran Al-Falah Cicalengka - Nagreg Bandung merupakan lembaga pendidikan pesantren yang sejak awal pandemi sangat mendukung langkah dan program pemerintah dalam menangani wabah ini. Hal itu terlihat dari keterbukaan dan ketepatan pondok pesantren dalam menentukan langkah menyegerakan vaksinasi bagi seluruh warganya. Sebelumnya (April-Juli 2021) pondok pesantren telah melakukan vaksinasi bagi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan pondok pesantren.

Apa yang dilakukan pondok pesantren merupakan implementasi beragama yang baik yakni selalu berikhtiar kepada Allah. Kemudian langkah pondok berikut adalah melindungi seluruh warganya tentunya dengan harapan agar warga pondok selalu sehat dan kuat. Hal ini selaras dengan dawuh ulama "Akal yang sehat itu ada pada jiwa yang kuat".

Kesehatan adalah hal yang terpenting dalam kehidupan seseorang, dengan kesehatan seseorang bisa melakukan banyak kebaikan. Berangkat dari pernyataan tersebut, kami menyarankan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama mendukung program pemerintah, dan jangan mudah percaya hoaks-hoaks Vaksin yang beredar di pesan berantai, mari sukseskan langkah bersama menuju Indonesia sehat demi terciptanya keamanan, berlangsungnya pendidikan secara normal dan tentunya harapan besarnya adalah menghentikan laju pergerakan wabah ini. hal ini senada dengan pernyataan, K.H. Muhammad Nawawi Syahid, selaku Dewan pengasuh di pesantren.

“Vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar kita bersama, keinginan kita bersama menjalani kehidupan dengan normal kembali”

Vaksinasi di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka diselenggarakan oleh KODAM III Siliwangi kerjasama dengan KODIM 0624 Kabupaten Bandung dibantu Pengurus Kesehatan Pesantren dan Relawan Tenaga Kesehatan sedangkan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Nagreg diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung bekerja sama dengan Puskesmas Nagreg dan dibantu oleh Pengurus Kesehatahan Pesantren dan Relawan Tenaga Kesehatan. Kegiatan vaksinasi bagi santri ini dihadiri langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Camat Nagreg, Kepala KUA Nagreg dan KAMTIBMAS. 

37 Juta Vaksin yang merupakan program Ridwan Kamil ini akan terus bergulir, khususnya di lembagalembaga pendidikan pesantren. Vaksinasi bagi santri ini sudah mengantongi ijin orang tua dan melalui beberapa tahap yang disarankan oleh ahlinya. Apalagi banyak santri yang tidak semua berani disuntik jarum dan juga efek samping vaksin. Tentu hal ini membuat pengurus pesantren melakukan upaya pendekatan psikologi bagi mereka. hal ini sesuai dengan pengakuan salah satu santriwati,

“Yang saya rasakan sebelum di vaksin ialah nervous karena takut akan efek samping yang tidak diinginkan, namun ternyata setelah diberikan penjelesan saya akhirnya berani vaksin dan tidak terjadi apa-apa, cuman efek samping menurut saya ini yah, itu kaya pegel lengan dan agak lemas.” ucap Widiya.

Harapan bersama, semoga dengan vaksinasi ini, Indonesia menuju kekebalan kelompok segera terwujud. Mari dukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Coivid-19 demi terwujudnya keinginan bersama. (PMA)

0 Comments

Leave a comment